KEGIATAN KERJASAMA DENGAN BPBD KAB. GRESIK – PENYUSUNAN RENCANA PENANGGULANGAN BENCANA KABUPATEN GRESIK

Kerjasama dengan  BPBD Gresik  pada Bulan Agustus  2021 dilaksanakan kembali  Pusat Studi Kebumian dan Mitigasi Bencana  Universitas Brawijaya dengan waktu pelaksanaan  mulai tanggal 2 Agustus – 30 September 2021.  Kegiatan  kerjasama ini guna Penyusunan Rencana Penanggulangan  Bencana  di Kabupaten Gresik tahun 2021. Tim Pelaksana  Kegiatan tersebut ada 6 Tenaga Ahli yang terlibat yaitu Prof. Drs. Adi Susilo, M.Si., Ph.D (selaku Ketua Pelaksana dari Fakultas MIPA ), Dr. Eng. Turniningtyas Ayu  R., ST., MT , DR. Rer., pol. Wildan Syafitri., SE., ME, Dr. Eng Abu Bakar Sambah, S. Pi., MT, Dr. Sumi Lestari., S. Psi., Dr. Rer. Nat.Ir. Arief Rachmansyah,  

Pada paparan ini telah disampaikan sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan Penyusunan Rencana Penanggulangan  Bencana  yakni Mempersiapkan perencanaan yang terarah, terpadu dan terkoordinasi untuk menurunkan risiko bencana dalam melindungi masyarakat Kabupaten Gresik dari ancaman bencana yang berpotensi terjadi.

Harapan dari hasil Penyusunan Rencana Penanggulangan  Bencana di Kabupaten Gresik memiliki beberapa manfaat  yaitu Dokumen Rencana Penanggulangan Bencana (RPB) Kabupaten Gresik Tahun 2021-2026 diharapkan menjadi panduan atau pedoman yang memadai bagi jajaran pemerintahan Kabupaten Gresik dalam hal kegiatan penanggulangan dan pengurangan risiko bencana secara menyeluruh serta membangun dasar kemitraan dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Gresik. Dokumen ini juga menjadi salah satu alat instrumen untuk menyelaraskan arah kebijakan penyelenggaraan penanggulangan bencana antara Pemerintah Pusat, Provinsi Jawa Timur, dan Kabupaten Gresik dalam kesatuan tujuan sehingga perencanaan menjadi terarah, terpadu, terkoordinasi untuk menurunkan risiko bencana di Kabupaten Gresik.

Keberhasilan Pemerintahan Kabupaten Gresik dalam mewujudkan Visi dan Misi ini, memerlukan dukungan dan komitmen dari semua pihak terkait (stakeholders) dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Gresik.(Evi Wikansari)